Selasa, 18 Mei 2010

Manfaatkan Teknologi Engine Brake Mobil Matik

Kini, mobil-mobil mewah umumnya sudah menggunakan transmisi yang beroperasi secara otomatis atau dengan Kopling Otomatis. Artinya, pengemudi tak perlu lagi capek menginjak kopling untuk ganti gigi. Pada mobil dengan transmisi manual, untuk pindah gigi, kopling harus ditekan.

Kenyataan lain, dari seluruh sistem kontrol mobil yang harus dioperasikan pengemudi, kopling adalah yang paling banyak menyita tenaga. Di samping itu, tingkat pengoperasiannya juga sangat tinggi, terutama bila jalan macet atau padat merayap!

Cepat habis
Kendati demikian, ternyata masih banyak di antara kita yang masih berasumsi negatif terhadap transmisi otomatik. Hal ini juga diakui oleh produsen mobil. Misalnya, bila mogok, mobil dengan transmisi otomatik tidak bisa didorong. Kalau sering digunakan di daerah pergunungan, rem cepat habis.

Semua itu asumsi masa lalu. Kini, semakin banyak transmisi otomatik, maka produsen menyediakan mekanik yang memiliki kemampuan lebih cepat untuk memperbaikinya bila ada masalah. Malah, kini juga ada bengkel-bengkel umum yang bisa menguras seluruh automatic transmission fluid (ATF) di dalam transmisi dan lantas diisi dengan pelumas yang benar-benar baru dan bersih.

Pada mobil sekarang, khususnya yang menggunakan sistem injeksi, bila baterai soak, maka mesin tidak akan bisa hidup. Pasalnya, komputer mesin mendapatkan energi dari baterai. Karena itu, posisi transmisi manual dan otomatik sama saja!

Lantas, mengenai anggapan bahwa rem boros saat mobil matik melaju di daerah yang banyak turunan, dipastikan, kondisi itu terjadi karena pengemudi terlalu santai, membiarkan transmisi pada posisi “D” saja. Padahal, D adalah gigi tertinggi.

Tetap bekerja
Untuk mengurangi beban kerja rem, pengemudi harus memanfaatkan efek engine brake dengan menggunakan gigi yang lebih rendah. Dalam hal ini, bisa saja “2” atau kalau lebih curam dan licin, harus “L”. Sama dengan gigi rendah, 3 atau 2 pada transmisi manual. Adapun untuk berakselerasi, pengemudi harus melakukan kick down atau menginjak pedal gas dengan cepat!

Jadi, mengemudi dengan transmisi otomatik (Kopling Otomatis) bukan berarti tangan tidak bekerja sama sekali. Pada kondisi medan tertentu, 3, 2, dan L harus digunakan. Tangan masih harus aktif. Hanya kaki kiri yang benar-benar santai. Tak perlu injak kopling sama sekali. Misalnya saat di jalanan yang menurun atau berakselerasi saat di tanjakan!

Malah, pada kondisi macet, dengan melepaskan pedal rem dan transmisi pada posisi “D”, mobil bisa merangkak tanpa harus menginjak rem.

Kalau sudah merasakan enaknya transmisi otomatik, terutama bagi mereka yang menyetir sendiri, sering melewati jalanan macet, dan punya tingkat mobilitas yang tinggi, mereka dipastikan tak akan mau kembali ke manual kalau tidak terpaksa. Malah, mereka rela mengeluarkan biaya tambahan, baik untuk transmisinya yang lebih mahal plus konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih banyak dibandingkan manual!

otomotif.kompas.com

Written by bikin cepat

April 29th, 2010 at 11:15 am

Manfaat Kopling Otomotis EasyMatic

Pemasangan Kopling Otomatis EasyMatic tidak mengubah original kendaraan, mesin ataupun gearbox. Kendaraan Anda tetap aman dan lebih nyaman

Pemakaian bahan bakar tetap hemat dan efisien, jika dibandingkan dengan kendaraan yang bertransmisi full automatic.

Tidak perlu khawatir pada saat melakukan pengereman mendadak, karena Anda masih bisa memanfaatkan Engine Break System (pengurangan kecepatan dengan bantuan putaran mesin), sehingga kanvas rem kendaraan tetap awet.

Semua pekerjaan kaki kiri (menekan pedal kopling) dilakukan oleh perangkat EasyMatic dengan bantuan komputer yang canggih, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan umur kanvas kopling.

Anda bisa melakukan adjustment pada perangkat EasyMatic untuk akselerasi normal atau khusus Drag Race serta masih banyak fungsi lainnya yang bisa Anda optimalkan, sesuai dengan karakter Anda dalam berkendara.

Kopling Otomatis EasyMatic mengatur sekaligus memaksimalkan fungsi Engine Break System, sehingga tidak perlu khawatir saat melakukan pengereman mendadak di kecepatan tinggi.

Manfaat utama yang Anda dapatkan dengan penggunaan Kopling Otomatis EasyMatic adalah Anda tidak perlu capek apalagi sampai stres menghadapi kemacetan, karena kendaraan Anda telah dilengkapi Kopling Otomatis EasyMatic. Rasakan kenyamanan layaknya transmisi otomatis, dengan fungsi lebih dari sekedar berkendara mobil bertransmisi otomatis.

easy-matic.com

Written by bikin cepat

February 19th, 2010 at 11:24 am

Panduan Kopling Yang Benar

Kita mengenal kopling otomatis dan manual. Bagaimana menggunakannya (kopling otomatis dan manual tsb) dengan baik?

Agar
kopling dapat berfungsi dengan sempurna serta tidak gampang mengalami kerusakan, maka berikut ini adalah tahapan penggunakan kopling yang dianjurkan :


1. Jika menginjak pedal kopling, maka tekanlah pedal kopling sepenuhnya. Tujuannya adalah agar roda gila (flywheel) dan pelat/piringan kopling (cluth plate) dapat terpisah secara sempurna, sehingga dapat memudahkan dalam memindahkan tuas transmisi.


2. Ketika sedang menginjak pedal
kopling secara sempurna, pindahkan tuas transmisi.


3. Setelah memindahkan tuas transmisi, selanjutnya bebaskan injakan kopling secara perlahan diselaraskan dengan injakan pedal gas agar kendaraan dapat berjalan dengan halus dan tidak membuat kendaraan meloncat

0 komentar: